Archive for November 2009

perilaku konsumen

MOTIVASI
Pengertian motivasi adalah melakukan stimulus terhadap pikiran kita atau orang lain untukl melakukan sesuatu yang bermanfaat guna mencapai tujuan dengan baik.
Banyak orang didunia ini termotivasi oleh orang lain untuk bisa menjadi idolanya, namun hal tersebut tentu harus kita rubah gaya pemikirannya, bahwa kita pun bisa memberikan motivasi atau menjadi roll model bagi orang lain, sebagi contoh seorang pemain sepakbola terkenal pasti dirinya akan menjadi motivasi bagi banyak orang untuk bisa menjadi seperti mereka, namun yang mnejadi pertanyaan bagaimana mereka bisa sukses dan terkenal, berikut tipsnya
1. Melatih kemampuan hardskill mereka, kemampuan tekhnis harus dimilki setiap orang sebagai dasar dan modal bagi keterampilan dirinya.
2. Softskill yang merupakan cara berfikir otak kanan merupakan faktor knci lain yang tidak kalah penting dalam memobilisasi cara berfikir kita ke depan.
3. Otak kanan merupakan imajinasi, cara berpandang, ide dan gagasan kita, setiap orang harus memiliki visi dan tujuan dalam hidupnya.
4. Seseorang yang memiliki kemampuan hardskill yang baik namun tidak dipadukan dengan ilmu softskill mereka, maka mereka tidak akan pernah bisa menjadi orang besar dan sukses, karena kesuksesan sebagian besar terjadi karena ide dan pemikiran yang bsar pula dari dirinya.
5. Be different with the other, setiap orang harus memiliki pemikiran yang “out of the box” jangan terpaku pada stereotip yang ada sehingga kita tidak mengulang apa yang sudah dilakukan para pendahulu kita sebelumnya dan menciptakan inovasi-inovasi baru.
Begitulah motivasi dapat begitu menggugah cara pemikiran kita sehingga membuat orang menjadi lebih hidup karena memiliki visi dan tujuan hidup yang jelas

Leave a comment

perilaku konsumen

SEGMENTASI PASAR
Pengertian Segmentasi :

Segmentasi pasar adalah proses membagi-bagi pasar yang semula berperilaku heterogen menjadi beberapa kelompok pasar yang sekarang berperilaku lebih seragam. Atau proses mengkelompokkan bagian-bagian pasar yang berperilaku sama dari keseluruhan perilaku pasar yang beragam.
Produk dapat dirancang sesuai dengan masing-masing segmen pasar yang berbeda. Dengan karakter dan perilaku yang lebih homogen, masing-masing segmen pasar dapat dipenuhi kebutuhannya lebih baik. Dengan kata lain, masing-masing kelompok pasar dipenuhi oleh produk dan pelayanan yang sesuai dengan kebutuhannya. Perusahaanpun akan lebih kompeten dalam melayani kebutuhan-kebutuhan masing-masing segmen pasar.




Segmentasi manfaat untuk “ Susu Bubuk “

Segmen manfaat Demografis Perilaku Psikografis
Ekonomi :
- Harga terjangkau Anak-anak Pengguna menengah Orientasi otonom
Medis :
- Menyehatkan tubuh

Semua usia

Pengguna berat

Motivasi
Rasa :
- coklat, vanilla Keluarga Pengguna berat Gaya hidup
Kemasan :
- Menarik
- Unik
- Simpel
Pelajar & Anak-anak
Pengguna berat Orang yang melakukan banyak aktifitas
Ukuran :
- Kecil
- Sedang
- Besar
Semua usia
Pengguna berat Orang yang melakukan banyak aktifitas









Segmentasi manfaat untuk “ Buku Novel “

Segmen manfaat Demografis Perilaku Psikografis
Ekonomi :
- Harga mahal Pelajar-mahasiswa Pengguna berat Orientasi otonom
Edukasi:
- Menambah daya imajinasi
- Menyuburkan minat baca

Semua umur

Pengguna berat
Calon penulis
Efek positif :
- Mmebuka jendela pemikiran

Semua Umur

Pengguna berat
Pembaca
Kegunaan
- Bahan belajar untuk jadi penulis Semua Umur Pecinta buku Gaya hidup
Kemasan :
- Menarik, simple, enak dibawa kemana-mana Semua Umur Dinamis Dinamis



Segmentasi manfaat untuk “ Video CD Islami “ :

Segmen manfaat Demografis Perilaku Psikografis
Ekonomi :
- Harga menengah Mahasiswa-profesional Pengguna berat Orientasi otonom
Jenis :
- Bermacam-macam Aktivis-mahasiswa Dinamis Dinamis
Bentuk :
- kotak Semua jemaah Pengguna berat Motivasi-Gaya hidup
Mutu :
-memberikan kabar tentang islam

Keluarga-mahasiswa

Pengguna berat

Gaya hidup
Kegunaan :
Sebagai bahan pembelajaran
Semua jemaah

Pengguna berat

Gaya hidup







Segmentasi manfaat untuk “ Rokok “

Segmen manfaat Demografis Perilaku Psikografis
Ekonomi :
- Harga terjangkau Laki-laki Pengguna berat Orientasi otonom
Medis :
- Menyebabkan kanker
Laki-laki & wanita
Dinamis
Gaya hidup
Kemasan :
- Menarik Remaja laki-laki Dinamis Gaya hidup
Ukuran :
- Mudah dibawa Semua gender Pengguna berat Orang yang banyak fikiran
Kegunaan :
Penghilang stress, teman lembur Perempuan Pengguna berat Gaya hidup





Segmentasi manfaat untuk “ senjata“

Segmen manfaat Demografis Perilaku Psikografis
Ekonomi :
- Harga mahal Anggota keamanan Pengguna berat Orientasi ekonomi
bentuk:
-simpel
- fleksibel

Anggota keamanan

Dinamis

motivasi
Kegunaan:
Sebagai pelindung keamanan Anggota keamanan Pengguna berat

motivasi
Kemasan :
- menarik Anggota keamanan Pengguna berat Dinamis
- Jenis
- Bermacam-macam


Anggota keamanan


Pengguna berat

motivasi

Leave a comment

PERILAKU KONSUMEN

LIFESTYLE

Pendapatan Mempengaruhi Gaya Hidup Seseorang
Pendapatan seseorang ternyata dapat mempengaruhi gaya hidup seseorang, baik daris egi kuantitas maupaun kualitas, tidak hanya aksesoris yang melekat pada tubuhnya namun berbagai brand dan merk lainnya.
Gaya hidup orang-orang dengan penghasilan yang besar tentu berbeda dengan orang yang pendapatannya biasa-biasa saja, sebagai contoh seorang pemain sepak bola bergaji mahal seperti Cristiano Ronaldo yang pendapatannya mencapai lima miliar rupiah per minggu tidak mungkin mengenakan aksesoris murah, karena semua itu dipengaruhi faktor kebutuhan manusia yang cenderung konsumtif, selain itu faktor lingkungan pun mempengaruhi pemikiran seseorang.
Seseorang tersebut tinggal di lingkungan elit dengan memiliki relasi-relasi bisnis yang perlente dan elegan, tentu tidak mungkin bagi dirinya hanya memakai setelan dan performa yang seadanya, hal tersebut tentu akan menstimulus pikirannya untuk dapat memberikan performa yang lebih baik yang disesuaikan.
Faktor motivasi untuk hidup menjadi lebih baik adalah salah satu contohnya, orang-orang berdasi memang tidak identik dengan orang kaya raya, namun hal itu bisa saja kita jadikan motivasi untuk membuat diri kita meraih penghasilan yang lebih baik agar kita pun dianggap pantas berdandan seperti itu.

Leave a comment

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.