perilaku konsumen

SEGMENTASI PASAR
Pengertian Segmentasi :

Segmentasi pasar adalah proses membagi-bagi pasar yang semula berperilaku heterogen menjadi beberapa kelompok pasar yang sekarang berperilaku lebih seragam. Atau proses mengkelompokkan bagian-bagian pasar yang berperilaku sama dari keseluruhan perilaku pasar yang beragam.
Produk dapat dirancang sesuai dengan masing-masing segmen pasar yang berbeda. Dengan karakter dan perilaku yang lebih homogen, masing-masing segmen pasar dapat dipenuhi kebutuhannya lebih baik. Dengan kata lain, masing-masing kelompok pasar dipenuhi oleh produk dan pelayanan yang sesuai dengan kebutuhannya. Perusahaanpun akan lebih kompeten dalam melayani kebutuhan-kebutuhan masing-masing segmen pasar.




Segmentasi manfaat untuk “ Susu Bubuk “

Segmen manfaat Demografis Perilaku Psikografis
Ekonomi :
- Harga terjangkau Anak-anak Pengguna menengah Orientasi otonom
Medis :
- Menyehatkan tubuh

Semua usia

Pengguna berat

Motivasi
Rasa :
- coklat, vanilla Keluarga Pengguna berat Gaya hidup
Kemasan :
- Menarik
- Unik
- Simpel
Pelajar & Anak-anak
Pengguna berat Orang yang melakukan banyak aktifitas
Ukuran :
- Kecil
- Sedang
- Besar
Semua usia
Pengguna berat Orang yang melakukan banyak aktifitas









Segmentasi manfaat untuk “ Buku Novel “

Segmen manfaat Demografis Perilaku Psikografis
Ekonomi :
- Harga mahal Pelajar-mahasiswa Pengguna berat Orientasi otonom
Edukasi:
- Menambah daya imajinasi
- Menyuburkan minat baca

Semua umur

Pengguna berat
Calon penulis
Efek positif :
- Mmebuka jendela pemikiran

Semua Umur

Pengguna berat
Pembaca
Kegunaan
- Bahan belajar untuk jadi penulis Semua Umur Pecinta buku Gaya hidup
Kemasan :
- Menarik, simple, enak dibawa kemana-mana Semua Umur Dinamis Dinamis



Segmentasi manfaat untuk “ Video CD Islami “ :

Segmen manfaat Demografis Perilaku Psikografis
Ekonomi :
- Harga menengah Mahasiswa-profesional Pengguna berat Orientasi otonom
Jenis :
- Bermacam-macam Aktivis-mahasiswa Dinamis Dinamis
Bentuk :
- kotak Semua jemaah Pengguna berat Motivasi-Gaya hidup
Mutu :
-memberikan kabar tentang islam

Keluarga-mahasiswa

Pengguna berat

Gaya hidup
Kegunaan :
Sebagai bahan pembelajaran
Semua jemaah

Pengguna berat

Gaya hidup







Segmentasi manfaat untuk “ Rokok “

Segmen manfaat Demografis Perilaku Psikografis
Ekonomi :
- Harga terjangkau Laki-laki Pengguna berat Orientasi otonom
Medis :
- Menyebabkan kanker
Laki-laki & wanita
Dinamis
Gaya hidup
Kemasan :
- Menarik Remaja laki-laki Dinamis Gaya hidup
Ukuran :
- Mudah dibawa Semua gender Pengguna berat Orang yang banyak fikiran
Kegunaan :
Penghilang stress, teman lembur Perempuan Pengguna berat Gaya hidup





Segmentasi manfaat untuk “ senjata“

Segmen manfaat Demografis Perilaku Psikografis
Ekonomi :
- Harga mahal Anggota keamanan Pengguna berat Orientasi ekonomi
bentuk:
-simpel
- fleksibel

Anggota keamanan

Dinamis

motivasi
Kegunaan:
Sebagai pelindung keamanan Anggota keamanan Pengguna berat

motivasi
Kemasan :
- menarik Anggota keamanan Pengguna berat Dinamis
- Jenis
- Bermacam-macam


Anggota keamanan


Pengguna berat

motivasi

Bookmark the permalink. RSS feed for this post.

Leave a Reply

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.